Fasilitas Pendukung

FASILITAS PENDUKUNG

Adapun fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Jember dan Program Studi Teknik Mesin antara lain:

1. Ruang Kelas

Masing-masing kelas yang ada di PS Teknik Mesin telah dilengkapi dengan LCD Proyektor. LCD Proyektor ini sebagai sarana untuk memudahkan proses belajar mengajar. LCD dipakai untuk presentasi tugas bagi mahasiswa dan sebagai media untuk membantu dosen dalam memberikan materi kuliah.

2. Ruang laboratorium

Laboratorium PS Teknik Mesin terdiri dari :

  • Laboratorium Uji Bahan.
  • Laboratorium Proses Manufaktur.
  • Laboratorium Uji Prestasi.
  • Laboratorium PLC.
  • Laboratorium Komputer.
  • Laboratorium Bahasa Berikut adalah foto kegiatan praktikum uji prestasi mesin:

3. Ruang Baca Fakultas Teknik

Ruang baca Fakultas Teknik digunakan oleh mahasiswa PS Teknik mesin untuk mencari referensi buku-buku terkait dengan tugas atau mata kuliah yang diberikan oleh dosen. Tempat mahasiswa bertukar pikiran dan mendiskusikan terkait dengan tugas atau masalah yang mereka hadapi terkait dengan mata kuliah maupun pengerjaan skripsi.

4. Bengkel Servis Sepeda Motor

Bengkel servis sepeda motor yang dimiliki PS Teknik Mesin diberi nama GSM (Garage Society Mechanical). Bengkel GSM berada di Jl. Karimata No.47C Kompleks Ruko, Jember. Bengkel ini merupakan unit usaha Prodi Teknik Mesin. Bengkel GSM ini melayani servis, perawatan, ganti oli, modifikasi dan juga melayani penjualan spare part. Bengkel ini memiliki ukuran 10 x 10 m, dilengkapi dengan peralatan bengkel, 1 unit komputer, 1 printer, dan jaringan internet. Pada momen-momen tertentu, Bengkel GSM sering mengadakan servis motor gratis khusus mahasiswa dan civitas UNMUH Jember.

5. Gedung UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Universitas Muhammmadiyah Jember mendukung kegiatan UKM dengan menyediakan sebuah gedung. Gedung ini dipakai untuk sekretariat. Masing-masing UKM mempunyai ruangan tersendiri. Pada jam-jam kuliah, gedung ini selalu ramai dipenuhi oleh mahasiswa. Kegiatan UKM yang rutin dilakukan adalah rapat untuk membahas perencanaan kegiatan-kegiatan.

6. Ruang HMM

Untuk mempermudah merancanakan sebuah acara, dan sebagai tempat sekretariat, disediakan tempat untuk ruang himpunan. Disini mahasiswa PS Teknik Mesin yang tergabung dengan himpunan mahasiswa jurusan (HMM) lebih mudah untuk mengadakan rapat dan diskusi.

7. Fasilitas Toilet

Masing-masing gedung dan tiap-tiap lantai di Univesitas Muhammadiyah Jember telah dilengkapi dengan toilet. Untuk masing-masing toilet dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Masing-masing toilet terdiri dari beberapa kamar mandi yang didalamnya terdapat fasilitas kamar mandi dan WC.

8. Fasilitas Asrama dan Pondok Pesantren Tanfidzul Qur’an

Untuk menunjang kegiatan akademik disedikan Asrama mahasiswa di Universitas Muhammadiyah jember. Mahasiswa di PS Teknik Mesn diperbolehkan untuk bertempat tinggal di asrama ini. Berbeda dengan asrama mahasiswa pada umumnya, asrama di Universitas Muhammadiyah Jember ini mempunyai Konsep Pondok Pesantren Tanfidzul Qur’an. Jadi Selain mendapatkan tempat tinggal, mahasiswa juga mendapatkan ilmu agama yang bernafaskan nilai-nilai ke-Islaman. Salah satu yang menjadi kelebihan dari Pondok Pesantren ini adalah mahasiswa diajarkan untuk menghafal Al-Quran.

9. Fasilitas Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan photovoltaic dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Photovoltaic mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor. Fasilitas Listrik tenaga surya sudah diaplikasikan pada lampu jalan di sekitar lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember terutama Double Way pintu utama.

   

10. Radio Kampus

PS Teknik Mesin menyediakan fasilitas atau sarana untuk mengembangkan softskill mahasiswanya dalam bidang penyiaran radio. Salah satu nya adalah membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung dalam radio kampus (Radio Nusantara FM) yang dikelola oleh Universitas. Mahasiswa yang mempunyai bakat dalam bidang penyiaran dapat menyalurkan bakatnya dengan bergabung menjadi penyiar. Disamping acara musik, radio ini juga menyiarkan talkshow dengan berbagai tema. Pembicara yang diundang bisanya dari dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Jember yang berkompeten di bidangnya.

11. Fasilitas Lahan Parkir

Disediakan tempat parkir yang luas bagi civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jember. Lahan parkir yang terletak di depan gedung ini dapat menampung kurang lebih 1000 sepeda motor. Tempat parkir ini dijaga oleh beberapa satpam sehingga tingkat keamanannya lebih terjamin.

12. Fasilitas Masjid AL Qolam

Sebagai pusat kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan, masjid Al-Qolam digunakan untuk tempat ibadah. Setiap harinya masjid ini digunakan untuk sholat berjamaah dan kegiatan-kegiatan keagamaan rutin seperti ceramah agama. Mahasiswa PS Teknik Mesin juga rutin melaksanakan kajian Islam seminggu sekali, dan kegiatan yang lain seperti sholat dhuha dan sholat tahajud berjamaah. Berikut ini gambar Masjid Al-Qolam beserta beberapa aktivitas:

13. Fasilitas Gedung Serbaguna A. Zainuri

Gedung Ahmad Zainuri merupakan gedung serbaguna. Gedung ini mempunyai kapasitas untuk 1000 orang dan biasa digunakan untuk acara wisuda Universitas. Selain digunakan untuk wisuda, gedung ini dipakai untuk pelatihan softskill, workshop, symposium, seminar, kuliah umum dan acara-acara akademik lainnya yang membutuhkan gedung dengan kapasitas banyak.

14. Fasilitas Olah Raga

Ada beberapa fasilitas olah raga yang dapat dipakai oleh mahasiswa, karyawan, dan dosen. Fasilitas yang tersedia sebagai berikut: lapangan basket, futsal, sepak bola, voli, tenis meja, dan panjat dinding. Kegiatan olah raga aktif dilakukan pada sore dan juga malam hari.

     

15. Muhammadiyah Medical Center (MMC)

Untuk mendukung pelayanan kesehatan terhadap para mahasiswa, dosen, maupun karyawan disediakan pusat pengobatan Muhammadiyah Medical Center (MMC). MMC ini memberikan layanan pengobatan secara gratis bagi seluruh mahasiswa, karyawan, dan dosen yang ada dilingkungan Univeristas Muhammadiyah Jember. Ketentuan-ketentuan bagi Dosen, Karyawan, mahasiswa/mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember yang akan berobat di MMC adalah sebagai berikut: 1. Setiap kunjungan wajib membawa kartu berobat (berwarna hijau). 2. Untuk mendapatkan kartu berobat, wajib: a. Menunjukkan KTM. b. Membawa pasfoto 2x3 sebanyak 2 lembar (pada kunjungan pertama), jika sampai kunjungan kedua belum membawa foto, akan dianggap pasien umum. c. Mengisi blanko kartu berobat. 3. Bagi yang sudah memiliki kartu berobat tetapi pada kunjungan tidak membawa kartu berobat akan dianggap pasien umum. Jam buka poli umum di MMC: Pagi : 08.00 – 14.00 Sore : 15.00 – 21.00 Prosedur berobat untuk pasien bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan Universitas Muhammadiyah Jember: MMC mempunyai Unit Gawat Darurat yang buka 24 jam. Selain praktek dokter umum juga terdapat praktek dokter spesialis. MMC juga membuka pelayanan kepada masyarakat umum.

16. Jaringan Komputer dan Internet

Universitas Muhammadiyah Jember menyediakan akses jaringan intranet maupun internet. Untuk jaringan intranet dihubungkan dengan kabel WAN dan Wireless WAN. Adanya jaringan yang terkoneksi membuat unit, fakultas, dan jurusan dapat terhubung satu sama lain. Sedangkan untuk akses diluar kampus disediakan jaringan internet. Dimana jaringan internet ini akan didistribusikan kedalam masing-masing unit melalui jaringan intranet. Dengan begitu semua lingkungan universitas dapat menikmati layanan internet.

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.