Program KKN di Program Studi Teknik Mesin mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhamamdiyah Jember. Lokasi pelaksanaan KKN adalah Jember, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi dan Situbondo.

Mahasiswa dapat menempuh KKN apabila telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam aturan KKN oleh LPPM Universitas Muahmmadiyah Jember. 

Program Praktik Kerja Lapangan/Magang adalah suatu kegiatan pembelajaran di lapangan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam dunia kerja nyata. Pembelajaran ini terutama dilaksanakan melalui hubungan yang intensif antara peserta program PKL/magang dan tenaga pembinanya di industri/perusahaan.

Waktu pelaksanaan PKL/magang adalah 1-3 bulan, dimulai akhir semester VII dan awal semester VIII.

Program PKL/ Magang bertujuan agar mahasiswa mampu:

1. Mengenal suasana kerja yang sebenarnya agar mereka memahami sejauh mana mereka harus mempersiapkan diri apabila nanti memasuki dunia kerja. Dengan adanya magang ini diharapkan mahasiswa bisa       mengintropeksi diri akan kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri mereka, baik itu bidang keilmuan maupun sosialisasinya dengan lingkungan

2. Menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam dunia praktik sehingga mampu menumbuhkan pengetahuan kerja sesuai dengan latar belakang bidang ilmumahasiswa.

3. Melatih kemampuan mahasiswa untuk menjadi pribadi-pribadi yang mandiri, mampu bersikap, mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam bekerja;

4. Menumbuhkan kemampuan berinteraksi sosial dengan orang lain di dalam dunia kerja.

 

Prosedur PKL/Magang

Untuk kelancaran pelaksanaan PKL/magang, maka dari awal semester mahasiswa diharapkan mengajukan permohonan PKL sesuai dengan prosedur sebagai berikut:

1. Mahasiswa diharuskan mengisi formulir yang tersedia di administrasi jurusan. Pengisian formulir meliputi: nama perusahaan/instansi yang dituju; nama ahasiswa yang akan mengikuti PKL pada industri/perusahaan yang bersangkutan; waktu pelaksanaan PKL.

2. Berdasarkan formulir tersebut jurusan akan membuat surat yang ditujukan ke industri/perusahaan sesuai yang ada pada formulirdan memberikannya kepada mahasiswa tersebut setelah ditanda tangani oleh Ketua Program Studi. 

3. Surat jawaban dari industri/perusahaan yang ditujukan ke Ketua Program Studi, selanjutnya akan disampaikan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

4. Bagi kelompok yang telah mendapat jawaban secara tertulis dari industri/perusahaan yang dituju, diharuskan mengisi formulir dan kemudian menyerahkannya kepada Ketua Program Studi masing-masing dengan melampirkan fotokopi surat jawaban.

5. Bila pada batas waktu yang telah ditentukan ada mahasiswa yang belum mendapatkan surat jawaban dari perusahaan, diharapkan untuk melapor kepada Ketua Program Studi.

6. Ketua program studi menentukan pembimbing PKL/Magang mahasiswa.

7. Mahasiswa mendiskusikan persiapan PKL/magang kepada dosen pembimbing PKL/magang;

8. Mahasiswa melakukan PKL/magang ke lokasi PKL/magang yang telah disetujui KetuaProgram Studi;

9. Mahasiswa menyusun laporan PKL/magang dan melakukan pembimbingan laporan PKL/magang kepada mentor dari industri dan dosen pembimbing;

10. Mahasiswa mempresentasikan hasil PKL/magang.

11. Mahasiswa memperoleh nilai PKL/magang dari mentor di Industri dan dosen pembimbing;

12. Mahasiswa meminta legalitas laporan PKL/magang kepada mentor PKL/magang, dosen pembimbing PKL/magang, dan KetuaProgram Studi.

 

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.